Template by:
Free Blog Templates

Jamz Horrorz

Wednesday, November 12, 2008

Visit Indonesia 2008 eps 1

Gw lg mw ngewujudin usaha pemerintah ne bwt mempromosikan pariwisata di Indonesia (Wuih...berat bgt nih kata2nya). Gw pngen ngasih inspirasi bwt temen2 yg laen bwt ngepromosiin jg daerah2 pariwisata di tempatnya masing2.

Hari ini qt akan berkunjung ke Bukittinggi, suatu daerah berudara sejuk yang menjadi tujuan objek wisata bgi Orang2 berkulit putih pucat dan berambut aneh (Baca: Turis) yang datang ke Sumatera Barat (secara, gw datang dari west sumatera gt). Nah, salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi adalah Jam gadang (Baca: Jam Gede atau Big Ben atau pakai medhoknya orang jawa jadi Jham Ghadhang).

Jam Gadang adalah sebuah menara jam yang merupakan markah tanah kota Bukittinggi dan provinsi Sumatra Barat di Indonesia. Simbol khas Sumatera Barat ini pun memiliki cerita dan keunikan karena usianya yang sudah puluhan tahun.

Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. Peletakan batu pertama jam ini dilakukan putra pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur (Sekretaris Kota). Pada masa penjajahan Belanda, jam ini berbentuk bulat dan di atasnya berdiri patung ayam jantan, sedangkan pada masa pendudukan Jepang, berbentuk klenteng. Pada masa kemerdekaan, bentuknya berubah lagi menjadi ornamen rumah adat Minangkabau.
Ukuran diameter jam ini adalah 80 cm, dengan denah dasar 13x4 meter sedangkan tingginya 26 meter. Pembangunan Jam Gadang yang konon menghabiskan total biaya pembangunan 3.000
Gulden ini, akhirnya menjadi markah tanah atau lambang dari kota Bukittinggi. Ada keunikan dari angka-angka Romawi pada Jam Gadang ini. Bila penulisan huruf Romawi biasanya pada angka enam adalah VI, angka tujuh adalah VII dan angka delapan adalah VIII, Jam Gadang ini menulis angka empat dengan simbol IIII (umumnya IV).
(Dikutip dari "
http://id.wikipedia.org/wiki/Jam_Gadang")

Dilihat dari segi sosial kemasyarakatan, Bukitinggi tidak kurang perannya, baik dalam ukuran regional, Nasional mupun Internasional. Dikota ini sering diadakan rapat-rapat kerja Pemerintah, Pertemuan-pertemuan ilmiah, kongres-kongres oleh organisasi kemasyarakatan dan lain sebagainya. Kota Bukittingi juga pernah dijadikan sebagai ibukota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Di Bukittinggi juga terdapat sejarah kelam dimana anda (Baca: Lo klw anda merasa lebih nyaman dengan kata itu) akan menemukan sebuah goa yang disebut "Lobang jepang" yang merupakan tempat yang digunakan untuk penahanan dan penyiksaan selama zaman penjajahan Jepang.

So, sobat, why don't you come to High heel (Baca:Bukittinggi). Holiday lo ga bakalan sia-sia krn lo bakalan nikmatin keindahan alam yang begitu natural disini.
Wait for the next eps ya.

No comments:

My Japanese name iz...

Your Japanese Name Is: Yoshi Jimyoin
Banzai!

My Russian name iz...

Your Russian Name Is: Fedyenka Bogdashha Morozov
Da!

My Vanpire name iz...

Your Vampire Name Is: Hermes of Scandinavia
I never knew what life was until it ran out in a red gush over my lips, my hands!

My superhero name iz....

Your Superhero Name is The Cyber Hillbilly
Your Superpower is Distant Attack
Your Weakness is Clowns
Your Weapon is Your Electro Wand
Your Mode of Transportation is Tricycle

My Pirate name iz...

Your Pirate Name Is: Lieutenant-Colonel Terence the Terrible
Yarrgh!