Template by:
Free Blog Templates

Jamz Horrorz

Wednesday, November 26, 2008

Visit Indonesia 2008 eps 2




Nah, kita ktemu lagi dalam wisata keliling2 sumatera barat!!!
Kali ini gw bakal ngajak lo ke Lobang Jepang....(Apaan tuh???)
Walaupun namanya pake embel2 jepang, tapi lobang ini (Aneh bgt sih nyebutnya) terletak di Bukittinggi, tepatnya di kawasan Panorama dan juga terletak dekat ngarai Sianok (Ntar deh gw ceritain tentang yang atu ini di eps lainnya, tapi liat dulu fotonya ngarai sianok nan indah ini di bagian atas)

"ATTENTION…! Untuk kepuasan dan kenyamanan anda, para pengunjung Taman Panorama dan Lobang Jepang, kami menyediakan jasa pemandu yang berlisensi." Begitulah gaya pengumuman di kertas lusuh yang ditempel di dinding tebing, beberapa langkah dari gerbang Lubang Jepang di Ngarai Bukittinggi, Sumatera Barat.
Lalu di bawahnya, ada selembar kertas lagi berisi tulisan: "Pengunjung yang terhormat. Nikmatilah keunikan serta keindahan Lobang Jepang ini !!! Mohon jangan melakukan aktivitas yang melanggar aturan serta perbuatan asusila !!! Semua aktivitas anda termonitor pada kamera kami… Terimakasih atas perhatiannya, ttd… Penanggung Jawab." Aneh bener sih, mang ada yang mau berbuat asusila di terowongan yang mungkin aja banyak yang "halus"-nya.
Begitu lewat mulut gua segera kita menuruni perut bumi. Seluruhnya 132 undakan atau anak tangga, sampailah kita di dasar gua. Atau pada kedalaman 40 meter dari permukaan tanah. Panjang terowongan totalnya 4 km. yah lumayan capeklah kalau jalan kaki coz yang jelas ga bakalan ada mas-mas tukang ojek yang bakalan nawarin jasanya.





Yang ngerinya pas gempa melanda daerah tersebut, tebing2 disekitarnya udah pada runtuh. Tapi konstruksi yang unik dari terowongan ini membuatnya tetap bertahan walau badai menghadang (Kayak lagu aja nih)


Tempat yang wajib dilihat adalah ruang Romusha yaitu ruangan tempat kerja paksa yang digunakan oleh Penjajah Jepang saat menjajah Indonesia dulu. Tapi tujuan utama jepang membangun lobang atau supaya lebih enak dibaca terowongan ini adalah sebagai kubu pertahanan pada World War 2.

Saat ini Lobang Jepang sedang direnovasi dan direvitalisasi (Berat banget istilahnya) agar dapat menjadi museum bawah tanh yang rapi dan menarik.

That's all dude. Jgn lupa kesini, kapan lagi coba ngerasain angin nya di terowongan, beda lo ma angin-anginan yang biasa dijual seribuan itu (Ngaco ah...).

See you in the next episode. Promote your own tourism object!

No comments:

My Japanese name iz...

Your Japanese Name Is: Yoshi Jimyoin
Banzai!

My Russian name iz...

Your Russian Name Is: Fedyenka Bogdashha Morozov
Da!

My Vanpire name iz...

Your Vampire Name Is: Hermes of Scandinavia
I never knew what life was until it ran out in a red gush over my lips, my hands!

My superhero name iz....

Your Superhero Name is The Cyber Hillbilly
Your Superpower is Distant Attack
Your Weakness is Clowns
Your Weapon is Your Electro Wand
Your Mode of Transportation is Tricycle

My Pirate name iz...

Your Pirate Name Is: Lieutenant-Colonel Terence the Terrible
Yarrgh!